join venture 1

Kutipan dan Penulisan Daftar Pustaka

Kutipan dan Penulisan Daftar Pustaka

Karya tulis ilmiah mengharuskan penulisnya menyajikan serta mendiskusikan pendapat maupun ide-ide karya orang lain di dalam karyanya. Tata cara kutip-mengutip dan penulisan daftarpustaka ini berbeda pada masing-masing disiplin keilmuwan. Dalam Ilmu Sosial khususnya Sosiologi, konvesi tata cara kutipan dan penulisan daftar pustaka mengikuti model Harvard atau mudahnya kutipan ‘nama dan tahun’.
Kutipan dan Penulisan Daftar Pustaka memiliki beberapa nilai penting dalam dunia akademik, meliputi:
·         Untuk menggambarkan pengetahuan sipenulis tentang bidang kajiannya.
·         Untuk menggambarkan ke dalaman dan keluasan pengetahuan di penulis tentang bidang kajiannya khususnya pendapat-pendapat pendukung maupun penentang.
·         Untuk memberikan bukti bahwa penulis melakukan kajian ilmiah yang serius.
·         Untuk memberikan pengakuan kepada ide-ide orisinil pengarangnya.
·         Agar pembaca atau penguji bisa menemukan karya-karya ilmiah yang rujuk oleh penulis, baik dengan tujuan untuk melakukan verifikasi maupun mengembangkan minat kajian tentang bidang tersebut.

Dalam mengutipkarya orang lain, terdapat 3 (tiga) utama yang harus dipahami dengan baik oleh setiap peneliti, yaitu:
1)    KutipanLangsung
Dipahamisebagaimenggunakanpendapat orang laindengankalimatnyasecarautuhdanlangsung. Pendapat yang dikutipbiasanyasangatpenting, memilikinilaiilmiahtinggi, dansangatsulitmenjelaskandengankalimat yang berbeda yang punyakemungkinanmemberikanarti yang lain/salah.
2)    Parafrase
Dipahamisebagaimenjelaskanpendapat orang laindengankalimatkitasendiri. Parafrasebukansekedarmengganti kata-kata ataumerubahstrukturkalimatnamunlebihdariitu.Parafrase yang baikmenuntutpemahaman yang mendalamtentangsebuahpendapat/kalimat; dilanjutkandenganmenjelaskannyadalamkalimat yang berbedaberdasarkanpemahamankitasendiri.
3)    Menyimpulkan
Dipahamisebagairadamiripdengan paraphrase, namunmenyimpulkanmemilikinilailebih.Menyimpulkanberartimemberikangambaran yang singkatnamunmenyeluruhdarisebuahpendapat.

Sebelumdijelaskanlebihjauhtentangtatacarakutipandanpenulisandaftarpustaka model Harvard ini, perludipahamibeberapapengertianmendasarberikut:
·         Kutipan
Merupakansebuahcarauntukmengakuikarya orang lain dalamtulisankita. Karya-karya orang laininibiasanyadigunakanuntukmenjelaskanpendapatkita, memberikanpenjelasanmaupuncontohpendukungdan/ataumenampilkanpendapat alternative yang berbeda. Prinsiputamanya, adakejelasanantaramanapendapat yang merupakan ide orisinilsipenulisdanmana yang dipinjamdari orang lain.
·         DaftarPustaka
Merupakansebuahdaftar yang lengkap yang berisiseluruhsumberpustaka, data atauinformasi yang dirujukataudigunakandalamsebuahkaryatulis, dandisusunberdasarkansusunan alphabet namabelakangsipengarang.



Format Kutipan model Harvard:
Kutipaniniseringdisebut ‘kutipandalamteks’ ataucatatanperut, yang hanyamemberikanpenandasederhana ‘namapengarangdantahun’ untukmenunjukkaninformasisumberpustaka yang dirujukdalamsebuahkaryatulisilmiah.
Formatnyasepertiini:
(NamaPengarang, Tahun)
Contoh: (Hendrastomo, 2008)
Apabilakutipanmeliputikutipanlangsung (kata/kalimat), perluditambahkanhalamannya.
(NamaPengarang, Tahun: Halaman)
Contoh: (Hendrastomo, 2008: 2012)

Catatanpenting:
o    NamaPengarangadalahnamakeluarganyaataunamabelakangnyaapabilapengarangtidakmemilikinamakeluarga.
o    Tidakperluditulis initial ataunamadepannya.
o    Halamanharusselaluditampilkanapabilamengutiplangsungsecarapenuh kata/kalimat.
o    Polapenulisanharusselalukonsisten/selingkung; khususnyatandakoma, titikdua.
o    Kutipanpendekmeliputibeberapa kata hanyaperludiberikantandakutiptunggal, contoh:
Perkembanganteknologiinformasimerubahpolainteraksidankehidupansosialmanusia, seolah-olahhidup di ‘dunia yang datar’ (Freidman, 1998: 5) atau ‘dunia yang dilipat’ (Pilliang, 2004: 3).
o    Kutipanpanjang yang berisibeberapakalimatperluditulisdenganhuruflebihkecil, spasitunggaldan margin kanan-kirilebihmasuk, contoh:
Nietzsche menolaksikapdiamdalammenghadapinihilisme.Sikapdiambukanlahnetral.Dalamhalinimemangtidakadasikapnetral.Sikapdiamberartimembiarkandirididikteolehkeadaannihilistikataukrisisterumenerus (Sunardi, 1996: 31)
o    Mengutipkutipankedua, ataumerujukpendapatseorangpengarang (A) bukandarikaryanyalangsungnamundaripengaranglain (B) yang mengutipnya. Disiniperludijelaskanbahwaandamenbacabukusipengarang (B) meskimengutippendapat di pengarang (A). Contoh:
Michel Foucault (1961) memberikangambaran yang sangatmenariktentangkebijakanmenguruskegilaandalammasyarakateropaabadpertengahan, dimanapolitikkegilaansangateratkaitannyadenganproyekmodernitasbarathinggamasasekarang (dikutipdariSunardi, 1996).



Format PenulisanDaftarPustaka
1.    Bukuolehsatuataulebihpengarang
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunTerbit). JudulBuku: Termasuksubjudulnya. Kota tempatterbit: Penerbit.
Contoh:
Sunardi, St. (1996). Nietzsche. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Hidayat, K. &Nafis, M.H. (2003).Agama MasaDepan: PerspektifFilsafat Perennial. Jakarta: Gramedia.
Eko, S. et. al. (2013).MutiaraPerubahan: InovasidanEmansipasiDesadari Indonesia Timur. Yogyakarta: IRE Yogyakarta
2.    Buku yang disunting/edit olehsatuataulebihpengarang
NamaBelakangpengarang, Initial. (ed.atau eds.). (TahunTerbit). JudulBuku: Subjudul. Kota tempatterbit: Penerbit.
Contoh:
Wrong, D. (ed.). (2003). Max Weber: SebuahKhazanah. Yogyakarta: Ikon
Hadiz, V.R. &Dhakidae, D. (eds.). IlmuSosialdanKekuasaan di Indonesia. Jakarta, Singapore: Equinox.
3.    Bab dariSuntinganBuku
NamaBelakangpengarang, Initial. (TahunTerbit). Judulbab: sub-judulnya. Dalam: NamaBelakang Editor, Initial. (ed. atau eds.) Judulbuku: sub-judulbuku. Kota tempatTerbit: Penerbit, halaman.
Contoh:
Heryanto, A. (2006) KiblatdanBebanIdeologisIlmuSosial Indonesia.DalamHadiz, V.R. &Dhakidae, D. (eds.). IlmuSosialdanKekuasaan di Indonesia. Jakarta, Singapore: Equinox, 63-98.
4.    ArtikeldariJurnalIlmiah
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunTerbit). JudulArtikel: Sub-judul. NamaJurnalIlmiah.Volume(Edisi): Halaman.
Contoh:
Irfani, A.I. et. al. (2013).ToleransiantaraPenganutNahdatulUlama, Muhammadiyah, dan Kristen Jawa di Batang.JurnalKomunitas. 5(1): 1-13.
5.    Laporanpenelitian, Kebijakanpemerintah yang diterbitkan
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunTerbit). JudulLaporan: Sub-judul. Kota tempatTerbit: Penerbit.
Atau
NamaLembaga/Organisasi. (TahunTerbit). JudulLaporan: sub-judul. Kota tempatTebit: Penerbit.
Contoh:
Marianti, R. (2009). MencariJalanKeluardariKemiskinan di JawaTimur, Maluku Utara, dan Timor Barat. Jakarta: LembagaPenelitian SMERU.
PP Muhammadiyah. (2010). ProfilMuhammadiyahSatu Abad. Yogyakarta: LembagaPenerbitandanInformasi PP Muhammadiyah.
6.    Skripsi, TesisdanDisertasi yang tidakditerbitkan
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunTerbit). JudulSkripsi/Tesis/Disertasi: Sub-judul. Strata studi.Tidakditerbitkan.Universitaspemberigelar.
Contoh:
Wardana, A. (2003) Menjadi Kader Muhammadiyah: Studitentang Alumnus Madrasah MualliminMuhammadiyah Yogyakarta. Skripsi S1. TidakDiterbitkan. UniversitasGadjahMada.
7.    ArtikeldarimajalahatauKoran
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunTerbit). JudulArtikel. Nama Koran/Majalah.Tanggal/BulanTerbit.Alamatlaman Internet (apabiladari Internet).
Contoh:
Wardana, A. (2012). The Future of Islamic Intellectualism in Indonesia.The Jakarta Post.11 May. Tersedia di: http://www.thejakartapost.com/news/2012/05/11/the-future-islamic-intellectualism-indonesia.html. Diaksespada 2 Oktober 2013.
8.    Laman/Situs Internet
NamaBelakangPengarang, Initial. (TahunPenulisanataupembaharuanterakhir).JudulTulisanLaman.Tersedia di: (alamat URL). Diaksespada (tanggalbulantahun).
Atau
NamaLaman Internet.(TahunPenulisanatauPembaharuanTerakhir).Tersedia di (alamat URL).Diaksespada (tanggalbulantahun).
Contoh:

Aidit, D.N. (1964/2013). PolitikLuarNegeridanRevolusi Indonesia.Tersedia di: http://www.marxists.org/indonesia/indones/1964-AiditPolitikLuarNegeri.htm. Diaksespada 2 Oktober 2013.

Power Point untuk materi Sosiologi kelas XI Kurikulum 2013

ini adalah slide power point untuk materi sosiologi kelas XI, yang dapat digunakan dalam membantu kegiatan belajar mengajar disekolah bagi b...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel