-->

Rancangan Penelitian Sosial, Materi Sosiologi kelas X semester II


1.      Rancangan Penelitian Sosial

a.    Definisi Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian merupakan gambaran umum yang akan dilaksanakan oleh peneliti untuk mencapai tujuan tertentu. Rancangan penelitian disajikan dalam satu kesatuan naskah yang ringkas dan utuh.rancangan penelitian harus disusun secara sistematis dan operasional meliputi langkah-langkah dan tahapan yang harus dijalani oleh peneliti. Rancangan penelitian dijadikan pedoman bagi peneliti untuk menentukan objek penelitian, bagaimana pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data, waktu dan biaya yang diperlukan, serta fasilitas apa saja yang diperlukan agar data dapat diolah sesuai dengan tujuan penelitian
Rancangan penelitian tidak sama dengan laporan hasil penelitian, namun, memang beberapa bagian laporan hasil penelitian berasal dari rancangan penelitian setelah dilakuan penyesuaian-penyesuaian tertentu. Misalnya penggunaan kata kerja, dimana pada rancangan penelitian, sebagian besar kata kerja lebih berbentuk “akan datang atau sedang berlangsung”. Mengingat betapa pentingnya suatu rancangan penelitian maka penyusunannya harus dilakukan dengan cermat, dilengkapi kajian teori atau kepustakaan yang relevan dan meyakinkan. Hal ini dimaksudkan agar tidak timbul masalah saat akan memasuki lapangan penelitian nantinya.

  1. Langkah-langkah Membuat Rancangan Penelitian
Langkah membuat rancangan penelitian sosial diawali dengan menentukan topik penelitian sebagai berikut:
1)      Menentukan Topik Penelitian
Topik juga sering disebut dengan tema penelitian. Berikut ini langkah-langkah agar mudah memilih topik:
a)      Topik penelitian yang dipilih sebaiknya masalah-masalah yang baru dan belum diteliti oleh orang lain, sehingga menarik minat orang lain untuk mengetahuinya
b)      Topik penelitian yang dipilih perlu dikonsultasikan dahulu dengan pembimbing
c)      Topik penelitian yang dipilih tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan norma-norma

Berikut adalah ciri-ciri topik yang baik dan benar:
a)      Menarik minat pembaca
e). Ditulis dengan kalimat pertanyaan
b)      Mampu untuk dilaksanakan peneliti
f). Jelas, singkat dan tepat
c)      Mengandung keguanaan praktis
g). Berisi variable-variabel
d)     Tidak terdapat unsur duplikasi
h). Menggambarkan keseluruhan isi

Selain itu, pemilihan topik atau masalah yang ingin diteliti harus disesuaikan dengan kemampuan peneliti, baik dari segi latar belakang keilmuan maupun kemampuan peneliti dalam bidang keuangan dan tenaga. Topik juga sebaiknya disesuaikan dengan keinginan peneliti, agar peneliti bersemangat dalam melaksanakan penelitian.

2)   Membuat Rancangan Penelitian Sosial
Rancangan penelitian pedoman peneliti dalam melakukan penelitian, sehingga penelitian yang akan dilakukan dapat lebih spesifik dan tidak berkembang terlalu luas. Sehingga tujuan dari penelitian tersebut dapat terpenuhi. Rancangan penelitian sering kali disebut sebagai proposal penelitian.  Jika dalam laporan penelitian terdiri atas lima bab, yaitu BAB I (Pendahuluan), BAB II (Landasan Teori), BAB III (Metode Penelitian), BAB IV (Pembahasan dan Hasil) dan BAB V (Penutup). Akan tetapi dalam proposal penelitian hanya sampai BAB III. Secara umum, proposal penelitian memuat komponen-komponen berikut:
a)      Judul
Judul yang dipilih harus dapat mempresentasikan isi dan tujuan penelitian. Pada sampul halaman, Judul terletak pada bagian paling atas, selanjutnya dibagian bawah di beri keterangan penelitian tersebut disusun guna memenuhi  apa, kemudian diberi logo instansi yang menaungi, identitas peneliti, nama lembaga yang menaungi, kemudian yang terakhir adalah pemberian tahun penulisan. Berikut ini contoh salah satu sampul halaman depan:
b)      Pengantar
Halaman pengantar berisi beberapa halaman yang terdiri dari moto peneliti, ucapan terimasih/persembahan dari peneliti terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian dan kata pengantar
c)      Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang masalah yaitu informasi yang berkaitan dengan peristiwa atau isu yang menjadi penyebab penelitian dilakukan. Identifikasi masalah berisi berbagai permasalahan dan berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Pembatasan masalah merupakan batasan dari identifikasi masalah agar tidak melebar. Rumusan masalah merupakan landasan peneliti untuk mendapat data yang sesuai topik penelitian, ditulis dalam bentuk kalimat tanya. Tujuan penelitian berisi tujuan dari rumusan masalah yang telah dibuat. Manfaat penelitian berisi manfaat yang bisa diberikan oleh peneliti melalui hasil penelitiannya nanti.
d)     Landasan Teori
Landasan teori merupakan penjelasan dari variable yang ada pada judul penelitian.  Landasan teori pada penelitian kuantitatif terdapat hipotesis atau dugaan awal terhadap suatu masalah/judul penelitian, sedangkan pada penelitian kualitatif tidak terdapat hipotesis. Hipotesis adalah jawaban sementara yang perlu dibuktikan kebenarannya.
e)      Metode Penelitian
Metode penelitian mencakup tempat penelitian, metode penelitian, populasi dan sampel yang dipilih (jika kuantitatif), teknik sampling, teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data
f)       Jadwal Kegiatan Penelitian
Jadwal kegiatan dihitung sejak pembuatan rancangan penelitian sampai pelaksanaan penelitian
g)      Rencana Anggaran/Estimasi Biaya
Berisi rincian rencana anggaran/estimasi biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan penelitian. Dalam pembuatan rencana anggaran, peneliti harus mempertimbangkan ketepatan penggunaan dana, sehingga tidak terlalu memberatkan peneliti.

3)      Sistematika Penulisan Proposal Penelitian
a)      Penelitian Kuantitatif
Halaman Judul
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Batasan Masalah
D.    Rumusan Masalah
E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
BAB II  LANDASAN TEORI
A.    Tinjauan Pustaka
B.     Hasil Penelitian yang Relevan
C.     Kerangka Berpikir
D.    Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian
B.     Metode Penelitian
C.     Populasi dan Sampel
D.    Teknik Pengumpulan Data
E.     Teknik Analisis Data

b)      Penelitian Kualitatif
Halaman Judul
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Batasan Masalah
D.    Rumusan Masalah
E.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
BAB II            LANDASAN TEORI
A.    Tinjauan Pustaka
B.     Hasil Penelitian yang Relevan
C.     Kerangka Berpikir
BAB III          METODE PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian
B.     Metode Penelitian
C.     Sumber Data
D.    Teknik Pengumpulan Data
E.     Objek Penelitian
F.      Validitas
G.    Teknik Analisis Data



KLIK DISINI untuk lanjut ke materi selanjutnya yaitu PENGOLAHAN DATA DAN PENGUMPULAN DATA

.
.

0 Response to "Rancangan Penelitian Sosial, Materi Sosiologi kelas X semester II"

Post a Comment

Contoh Penelitian Sederhana, Materi Sosiologi: Metode Penelitian Sosial (Problematika Proses Pembelajaran di Sekolah-Sekolah di Perkotaan)

Contoh Penelitian Sederhana, Materi Sosiologi: Metode Penelitian Sosial (Problematika Proses Pembelajaran di Sekolah-Sekolah di Perkotaa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel